Headline News
cerdas cermat ham sma

SMAIT Nurul Fikri Juara 2 Lomba Cerdas Cermat HAM 2017

By | Berita Umum, Prestasi SMAIT | No Comments

JAKARTA – SMA Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri berhasil meraih juara 2 dalam Lomba Cerdas Cermat HAM (Hak Asasi Manusia) tahun 2017 se-Jabodetabek yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, Kementerian Hukum dan HAM, Kamis (30/11/2017).

Kontingen dari SMAIT Nurul Fikri ialah Andhika Rafi Permana (kelas 12 IPS), Raesya Fadillah (kelas 11 IPS), dan Divanadia (kelas 11 IPS) meraih nilai sebanyak 3450 poin, sementara juara 1 sebanyak 3600 poin yang diraih oleh SMAN 2 Bogor, dan juara 3 diraih oleh SMAN 1 Cibinong dengan nilai 2450 poin. Adapun juara Harapan 1 diraih oleh SMKN 6 dengan skor 2200 poin, dan juara Harapan 2 oleh SMAN 2 Tangsel dengan nilai 1900 poin.

“Alhamdulillah juara 2, persiapannya singkat sekali hanya enam hari,” kata pembina lomba, Hendrastuti Retno, selaku guru PPKN SMAIT Nurul Fikri. Informasi yang didapat dari Retno perwakilan Depok awalnya ada tiga sekolah yakni SMAIT Nurul Fikri, SMAN 1, dan SMAN 2 Depok namun kedua sma negeri tersebut gugur tidak masuk final.

“Dari sekolah swasta yang lolos hanya satu yaitu SMAIT Nurul Fikri,” tuturnya. Ia pun menambahkan, awalnya Regu A (SMAIT Nurul Fikri) diawal perlombaan sudah paling unggul dalam pengumpulan poin, namun di pertanyaan terakhir Regu A kalah cepat dalam menekan tombol. Perbedaan skornya adalah 150 poin dengan juara 1. “Kalah satu soal saja dipertanyaan terakhir,” tandasnya.

duta ham 2017

Zalfaa, Siswa SMAIT Nurul Fikri Jadi DUTA HAM 2017

By | Berita Umum, Prestasi SMAIT | No Comments

JAKARTA – Salah satu siswa SMA Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri, Zalfaa Putri Eliana, siswa Kelas X-B terpilih menjadi DUTA HAM (Hak Asasi Manusia) tahun 2017. Berjumlah 60 pelajar SMA/SMK yang tersebar di berbagai sekolah se-Jabodetabek terpilih untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM selama dua hari, bertempat di Aula Ditjen HAM dan Hotel Puri Denpasar, Rabu-Kamis (14-15/11/2017).

Acara yang dibuka Direktur HAM, Mualimin Abdi bertujuan untuk memberikan pemantapan pengetahuan, pemahaman mengenai HAM terutama dikalangan pelajar. Dalam sambutannya, Mualimin Abdi menekankan persamaan hak asasi bagi semua manusia. “Kita semua memiliki hak asasi yang sama, bahkan walaupun seorang pejabat yang tinggi pun tidak lantas dapat melanggar hak asasi rakyat atau orang dibawahnya,” ujar Mualimin.

Mualimin mengapresiasi minat dan bakat pelajar DUTA HAM tahun ini, karena berbagai potensi yang dimilikinya dapat dipergunakan sebagai sarana mensosialisasikan hak asasi manusia kepada rekan-rekannya. “Tadi pas pembukaan ada pertunjukkan dari pelajar, ada yang pencak silat, menari, presentasi bahasa asing, dan akuistik. Saya sangat gembira dan menghargai hal tersebut, dan ini patut menjadi contoh bagi pelajar lainnya,” terang Mualimin.

Selain Direktur Jenderal HAM, acara tersebut juga menghadirkan pembicara Bambang Iriana Djajaatmadja dari Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM. Bambang Iriana lebih menyoroti tentang rasa adil yang merupakan bagian dari implementasi hak asasi manusia.

Sebelumnya Zalfaa mengikuti seleksi pembuatan essai tentang HAM dan seleksi administrasi. Ia dan 170 siswa se-Jabodetabek lolos tahap tersebut kemudian mereka disaring lagi untuk dikerucutkan menjadi 70 besar DUTA HAM dengan penyaringan seleksi wawancara dan tampil di depan Kementerian Hukum dan HAM di Kuningan, Ahad (22/10/2017).

KIR SMAIT Nurul Fikri Seleksi Siswa Terbaik Untuk Ikut OSN

By | Berita Umum | No Comments

TUGU – Penanggung Jawab Akademik ekstrakurikuler Kegiatan Ilmiah remaja (KIR) Sekolah SMA Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri melakukan penyeleksian kepada seluruh siswa anggota club olimpiade pada kejuaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018.

“Kami akan menyeleksi siswa untuk disertakan dalam pembinaan OSN, Jumat, 3 November 2017,” ucap Penanggung Jawab Kegiatan, Ugi Sugiarti.

Adapun bentuk kegiatannya ialah ujian tulis sesuai dengan mata pelajaran yang dipilih lalu ujian tertulis lagi untuk pembinaan bagi yang lolos seleksi. “Berhasil terseleksi lima orang terbaik,” katanya.

Peringati Bulan Bahasa, SMAIT Nurul Fikri Gelar Lomba Poster

By | Berita Umum | No Comments

TUGU – Dimulai bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017, Pemerintah menetapkan bulan Oktober sebagai bulan bahasa dan akan digelar selama satu bulan penuh.

Untuk menyukseskan program literasi di SMA Islam Terpadu (SMIT) Nurul Fikri, penanggung Jawab One Month One Book (OMOB) SMAIT Nurul Fikri, Prima Rafika, menggelar kegiatan literasi sebagai dasar untuk memberika kesadaran kepada siswa-siswinya untuk berbahasa positif.

Bertemakan, Your Language Is You Yourself – Bahasamu adalah Dirimu digelar sebanyak tiga kali, yakni 5 Oktober Musikalisasi Puisi, 12 Oktober Pembacaan Puisi, dan 19 Oktober Teater. “Menumbuhkan minat bahasa Indonesia sebagai bahasa positif dan membudayakan bahasa Indonesia yang positif,” kata Prima.

Selain itu, kegiatan yang ditujukan khusus untuk siswa kelas X dan XI juga mengadakan lomba seperti Poster Kelas, Ceritan pendek (cerpen), dan Lomba Sinopsis.

Kelas XI IPA 1 Gelar Mabit

By | Berita Umum | No Comments

TUGU – Untuk pembinaan siswa, SMA Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri melakukan kegiatan malam bina takwa atau mabit untuk kelas XI IPA 1 selama dua hari, Jumat sampai Sabtu, (13-14/10/2017) di Masjid Ulun Nuha, Gedung SMAIT Nurul Fikri, Jalan Lafran Pane Gg. H. Sairi RT 05/11 No. 145, Tugu, Cimanggis, Depok.

“Target acara ini agar para siswa lebih solid dan ukhuwah islamiyahnya (persaudaraan Islam) lebih erat lagi,” kata Penanggung Jawab kegiatan dan juga wali kelas XI IPA 1, Jadih Wijaya. Acara dimulai Jumat malam pukul 19.00 WIB sampai dengan Sabtu pukul 08.00 WIB.

Persiapan UN siswa Kelas XII AMT di Sukabumi

By | Berita Umum | No Comments

SUKABUMI – Demi terwujudnya kesiapan siswa kelas XII yang komprehensif di dalam menghadai Ujian nasional (UN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Suru SMAIT Nurul Fikri melakukan kegiatan Achievement Motivation Training (AMT) di Sukabumi pada 9-10 Oktober 2017.

Kegiatan diisi dengan cerah motivasi dan malam bina takwa (mabit). “Ini untuk mewujudkan visis SMAIT Nurul Fikri yang dapat dilihat melalui tercapainya lulusan yang baik sehingga mereka siap untuk emnempuh jenjang pendididkan yang lebih tinggi,” ujar penanggung jawab kegiatan, Widhy Prasetyo.

kurban sma

Idul Adha 2017, SMAIT Nurul Fikri Kurban 2 Sapi dan 6 Kambing

By | Berita Umum | No Comments

TUGU – SMA Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri mengurbankan dua sapi dan enam kambing saat perayaan Idul Adha 2017 di halaman sekolah SMAIT Nurul Fikri, Tugu, Cimanggis, Depok, Sabtu (2/9/2017).

Sebagaimana tahun lalu, pada Idul Adha 1438 Hijriah ini SMAIT Nurul Fikri membagikan daging kurban kepada guru, karyawan dan masyarakat sekitar sekolah. Menurut Kepala Sekolah SMAIT Nurul Fikri, Muhammad Furqon, makna kurban adalah refleksi kataatan dan cinta kepada Allah Subhanallahu wa ta’ala walaupun mengorbankan sesuatu yang paling kita cintai.

“Jika Ibrahim Alaihi Salam mengorbankan Isma’il Alaihi Salam sebagai anak dicintainya. Tapi beliau lebih cinta pada Allah Subhanallahu wa ta’ala dan beliau yakin Allah tak akan menzholimi dirinya dan keluarganya, sehingga Allah menggantikannya dengan hewan kurban,” ujarnya.

Nah, bagaimana dengan kita? tambahnya, dunia yang kita cintai adalah laksana Isma’il, yang kadang melebihi cinta kita kepada Allah Subhanallahu wa ta’ala. Ia pun mengajak kita menjadikan Allah segalanya, jangan terlena dengan hobi, kesenangan, kebiasaan, harta, atau apapun yang melalaikan kita dari kecintaan kepada Allah Subhanallahu wa ta’ala.

“Kurban mengajarkan kepada siswa-siswi SIT Nurul Fikri agar memiliki semangat pengorbanan dalam memberikan kebaikan kepada dirinya, masyarakat, serta bangsa dan negaranya,” ujarnya lagi.

SMA Nurul Fikri Juara I Lomba Duet Story Telling Wonderkind Festival

By | Berita Umum, Prestasi SMAIT | No Comments

SERPONG – Kontingen dari SMA Islam terpadu (SMAIT) Nurul Fikri berhasil meraih juara I dalam lomba Duet Strory Telling kategori SMA di Darul Qur’an Wonderkind Festival 2017 yang diselenggarakan oleh Organisasi Santri Darul Qur’an Serpong pada Sabtu (26/8/2017).

Naily Sakinati dan Anastashia Shafira T, adalah dua siswa SMAIT Nurul Fikri yang duduk dibangku kelas X D. Mereka berhasil mengalahkan puluhan tim lain untuk merebut gelar juara I dalam kategori tersebut.

Wonderkind Festival mengambil tema The Enlightening Criterion juga banyak mengadakan jenis perlombaan yang dibagi dua kriteria yaitu ikhwan (putra) dan akhwat  (putri). Untuk Ikhwan adalah Futsal, Wall Art, Orasi, Speech, Nasyid, Musabaqoh Hifzhil Quran (MHQ), Kaligrafi, Bulutangkis, Debat Bahasa Indonesia, Cerdas Cermat Agama, dan Fotografi.

Lomba akhwat diantaranya, Duet Story Telling, Forografi, Mural Kaligrafi, Khitobah, Science Competition, Quick and Smart, MHQ, Musabaqoh Syarhil Quran (MSQ). Acara yang digelar selama tiga hari bertujuan untuk mewujudkan kreatifitas para pemuda Qur’an dalam menjawab tantangan zaman sabagai pelopor perubahan. “Mewujudkan cita-cita perjuangan pendahulu bangsa, untuk mencetak generasi Qur’ani yang akan menggenggam masa depan bangsa Indonesia,” seperti dilansir dari situs wonderkind festival. Berikut video kegiatan sebelum lomba dan setelah lomba.

sma palestina

SMAIT Nurul Fikri Gelar Sejuta Cinta Untuk Palestina

By | Berita Umum | No Comments

TUGU – Kecaman atas serangan tentara Israel di Palestina semakin menggema di Tanah Air. Menunjukkan rasa simpati dan solidaritasnya, SMA Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri menggelar donasi untuk Al Aqsha, Jumat (28/7/2017).

Di dalam masjid Ulun Nuha, SMAIT Nurul Fikri, sekitar pukul 09.00 WIB, seluruh siswa-siswi SMAIT Nurul Fikri melakukan doa bersama dan penggalangan dana dengan tema Sejuta Cinta Untuk Palestina. Kegiatan sosial yang bekerja sama dengan Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP) menghadirkan Syeikh dari Palestina, yaitu Syeikh DR. Aiman Al Mabhuh.

“Dana yang terkumpul berjumlah 24.475.800 rupiah,” ujar panitia acara, Fauzan, selaku guru di SMAIT Nurul Fikri. Dana terkumpul langsung diberikan ke KNRP Depok, dana berhasil dikumpulkan dari para siswa-siswi, guru, dan pegawai SMAIT Nurul Fikri.