Headline News

Irham Monolog Novel Negeri 5 Menara

omob-sma-300x144

TUGU – Buku adalah jendela dunia, membaca adalah kuncinya. Untuk membangun tradisi membaca dikalangan siswa-siswi SMA Islam Terpadu Nurul Fikri, Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Fikri menerapkan program literasi sekolah dengan program One Month One Book atau disingkat OMOB.

Setiap bulannya, salah satu siswa yang terpilih atau direkomendasikan oleh para guru untuk melakukan kegiatan membaca penggalan buku dihadapan puluhan siswa. Kali ini, Irham A, siswa kelas XI A1 mendapat giliran. Irham membacakan penggalan kisah tentang Negeri 5 Menara karya A Fuadi.

Dengan gaya bahasa monolog, Irham berhasil membuat para siswa-siswi yang mendengar di tengah lapangan bola basket terhipnotis dengan alur cerita yang disampaikannya. Irham menyampaikannya dengan iringan lagu yang mengalun indah, membuat suasana terasa penasaran pun menyelimuti.

“Kegiatan membaca penggalan novel ini bertujuan untuk membuat siswa penasaran dan berkeinginan untuk membaca buku yang dipenggal dalam kegiatan ini,” ujar Penanggung Jawab OMOB SMAIT Nurul Fikri, Prima Rafika.

Menurutnya, kegiatan ini cukup positif sebagai bagian dari kegiatan literasi sekolah karena mendorong siswa untuk membaca dan mendorong keterampilan mendengar siswa. “Saya berharap kegiatan ini, bisa mendorong siswa untuk membaca buku yang ditampilkan,” katanya.

Leave a Reply