Pemilihan Ketua OSIS SMAIT Nurul Fikri Serentak Pakai Sistem E-Voting

By Berita Umum No Comments

DEPOK – Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri menggelar pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang disingkat pilketos pada tahun ini yang diselenggarakan oleh Dewan Pertimbangan Sekolah (DPS), Senin (2/9/2019).

Ada yang menarik, sistem pemungutan suara pesta demokrasi siswa ini ternyata menerapkan voting elektronik alias e-voting. Ini membuat pilketos di SMAIT Nurul Fikri selangkah lebih maju dibandingkan pilkada, pileg maupun pilpres lalu.

“Jadwal e-voting untuk guru & karyawan dari pukul 11:30-16:30 wib, bersifat fleksibel setelah seluruh siswa selesai voting pukul 11:30,” terang humas SMAIT Nurul Fikri, Arifin.

Adapun siswa yang sedang Ujian Bersama (UB) dipersilahkan menyelesaikan UB terlebih dahulu. Dan untuk kelas 12 dapat mengikuti pemilihan setelah selesai mengerjakan soal Try Out (TO). Dikarenakan menggunakan sistem e-voting, maka nanti setiap pemilih akan mendapatkan kartu DPT berisi Nama Lengkap, Username dan Password.

Ada dua kandidat calon Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis SMAIT Nurul Fikri. yaitu, nomor urut 01 M Fathan I dan Zaki Sulaiman sementara nomor urut 02 ada Akbar Isa R dan Rafi Alfiza M.

Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriah

By Berita Umum No Comments

Tahun baru Islam adalah tahun baru berdasarkan kalender Islam. Berbeda dengan penanggalan Masehi, penanggalan Islam merujuk pada perputaran bulan, sedangkan Masehi merujuk pada matahari. Pergantian tahun dalam Islam dilakukan dengan doa syukur dan permohonan kebaikan-kebaikan.

twitpic thn baru islamPemaknaan bulan Muharram 2019 berawal dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW. Saat zaman Rasul Allah, peristiwa hijrah dilakukan sebagai strategi dakwah dan menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif pada masyararakat Mekkah.

Hijrah sendiri diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal-hal buruk ke arah yang lebih baik. Dan, kini peristiwa hijrah diartikan sebagai pembelajaran nilai kebaikan untuk diri sendiri, seperti berani meninggalkan sesuatu yang buruk yang merugikan diri sendiri dan beralih pada sesuatu yang baik.

Mari di tahun baru ini kita awali dengan kebaikan demi meraih keridhoan-Nya. Karena Allah itu maha adil, akan ada langit cerah setelah badai hujan, akan ada kemudahan setelah kesulitan, dan akan ada kebahagiaan setelah kesedihan.

Dan jangan lupa kita panjatkan doa awal bulan. “Ya Allah, tampakkan bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam… dst.”

Kami segenap keluarga besar SIT Nurul Fikri mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriah. [Tim Redaksi]

Guru SMAIT Nurul Fikri Jadi Duta Rumah Belajar

By Berita Umum, Prestasi SMAIT No Comments

JAKARTA – Guru Bahasa Indonesia SMA Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri, Muhammad Ariefin, terpilih sebagai Duta Rumah Belajar Jawa Barat di ajang Anugerah Kihajar yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud di Hotel Sultan Jakarta Pusat, Kamis (11/10).

“Alhamdulilah saya bisa meningkatkan kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pengajaran dengan cara berbagi pengetahuan kepada guru-guru dan peserta didik dalam proses menuju duta rumah belajar,” ungkap Ariefin, Ahad (14/10).

Ariefin selain terpilih menjadi duta rumah belajar Jawa Barat, ia juga meraih Best Practice Artikel Lokakarya Rumah Belajar. “Saya juga terpilih untuk presentasi di seminar nasional tik. Empat orang terpilih dari 35 peserta dari seluruh provinsi,” tutupnya.

Dia mempresentasikan karyanya di Seminar Nasional TIK yang bertemakan Menyiapkan Generasi Emas Dengan Pendidikan 4.0 Berkualitas di hotel yang sama pada hari kedua, Jumat (12/10).

Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan tangan dari Pustekkom Kemendikbud, dalam melakukan Sosialisasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK di masing-masing provinsinya.

SIT Nurul Fikri Sembelih 72 Hewan Ternak Kurban

By Berita Umum No Comments

TUGU – Sudah menjadi agenda setiap hari raya Idul Adha, SIT Nurul Fikri berkurban. Pada Idul Adha 1439 H tahun ini, sebanyak 12 ekor sapi dan 60 ekor kambing disembelih. Pemotongan kurban dilakukan di empat tempat seperti TK, SD, SMP, dan SMA Islam Terpadu, Rabu (22/8/2018).

Selama proses pemotongan, para kepala sekolah unit masing-masing bersama guru dan dibantu para karyawan memotong 72 hewan ternak tersebut. Namun, siswa juga diajarkan bagaimana teknik penyembelihan hewan yang syari mulai dari menjatuhkan hewan kurban hingga teknik menguliti kulit.

Sebanyak 1.950 paket daging didistribusikan ke guru dan karyawan SIT Nurul Fikri, para donatur hewan kurban, dan warga di lingkungan Tugu, Cimanggis, Depok. “Untuk di SD, guru dan karyawan kami bagikan daging kurban seberat 1,5 kilogram per bungkus sementara untuk masyarakat seberat 1 kilogram per bungkus,” ucap Penanggung Jawab Panitia Kurban SDIT Nurul Fikri, Eko Anwar.

Hewan kurban ini merupakan hasil dari donatur para orang tua siswa, guru, dan karyawan SIT Nurul Fikri. Tahun ini terjadi peningkatan partisipan kurban. Dari total 45 ekor hewan ternak tahun lalu, kini naik menjadi 72 ekor hewan ternak.

SIT Nurul Fikri Gelar Upacara Bendera 17 Agustus di Tiga Tempat

By Berita Umum No Comments

TUGU – Menyambut HUT RI ke-73, Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Fikri serentak menggelar upacara di tiga tempat, Jumat, 17 Agustus 2018. Upacara yang dimulai pukul 07.00 dilaksanakan di masing-masing unit seperti, SD, SMP dan SMA.

Prosesi upacara bendera merah putih yang digelar di SDIT Nurul Fikri berjalan dengan lancar. Upacara dipimpin oleh Fathonah Januwiyati sebagai Kepala Sekolah dan dikomandani oleh Fauzi selaku guru SD.

Selain siswa, upacara juga dihadiri para guru SD, guru TK, dan karyawan bidang yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Pemberdayaan Umat (YPPU) Nurul Fikri. Sementara di unit SMP dan SMA hanya dihadiri guru dan siswa unit masing-masing.

“17 Agustus adalah hari istimewa untuk rakyat Indonesia, tentu saja Nurul Fikri sebagai sekolah berkomitmen untuk menanam nilai-nilai nasionalisme perjuangan dan semangat pahlawan kepada seluruh elemen yang ada di SIT Nurul Fikri,” ucap Rahmat S Syehani, Direktur SIT Nurul Fikri, Jumat (17/8/2018).

Menurut Rahmat bentuk dukungan yang berkenaan dengan nasionalisme seperti merayakan hari kemerderkaan RI adalah salah satu bentuk kecintaan kepada NKRI. “Kegiatan upacara bendera ini bersifat wajib untuk seluruh guru dan pegawai di SIT Nurul Fikri,” jelas Rahmat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, usai kegiatan upacara bendera dilanjutkan dengan berbagai perlombaan untuk para siswa, diantaranya tanding basket, lomba makan kerupuk, balap karung, lomba puisi, lomba video, tarik tambang, dan masih banyak lagi.

SIT NF Resmi Jalin Kerja Sama dengan MITI

By Berita Umum No Comments

TUGU – Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Fikri jalin kerja sama dengan Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI) terkait pembinaan riset siswa SDIT, SMPIT dan SMAIT Nurul Fikri. Kerja sama dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman atau MoU di gedung E-Learning SDIT Nurul Fikri, Jumat (27/7/2018).

Dari SIT Nurul Fikri penandatangan kerja sama diwakili Direktur SIT Nurul Fikri, Rahmat Syehani dan Wakil Ketua Umum MITI Klaster Mahasiswa, Auliya Nusyura Al Islami. “Dengan adanya kerja sama ini, target kami sangat sederhana, simple, cukup menjadikan Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR) SIT Nurul Fikri menang di skala nasional,” ucap Rahmat saat memberikan sambutan.

Rahmat mengatakan sejak 2016 SIT Nurul Fikri sudah menerapkan budaya riset untuk anak didiknya mulai dari level TK, SD, SMP dan SMA. “SIT Nurul Fikri mengajak kerja sama dengan MITI dalam pembinaan anak generasi muda untuk melahirkan peneliti sesungguhnya,” terang Rahmat.

Budaya riset merupakan salah satu program unggulan yang sedang dibangun oleh SIT Nurul Fikri. Untuk itulah SIT Nurul Fikri menyiapkan wadah bagi seluruh siswa-siswinya yang memiliki minat lebih dalam untuk melakukan riset dalam bentuk ekskul KIR. Bentuk kerja sama dengan MITI mencakup segala hal yang bisa meningkatkan kompetensi ilmiah siswa seperti menyiapkan kurikulum dan tim pengajar atau instruktur.

Sementara menurut Auliya Nusyura Al Islami, sesuai dengan target yang disepakati bersama yaitu lolos ke LKIR nasional yang diselenggarakan oleh LIPI, MITI akan membuat program kurikulum serta muatan-muatan apa saja yang kira-kira diperlukan untuk memenuhi standar sebagai nominasi lomba. “Pembinaan yang kami berikan nanti seperti tentang cara menulisnya, metode penelitian yang benar itu seperti apa, bagaimana melakukan riset dan laporan yang benar,” kata Auliya.

Kerja sama ini disambut baik oleh kepala sekolah SMPIT Nurul Fikri, Ahmad Sukarya. Ia berharap dengan adanya kerja sama ini akan melahirkan intelektual muslim muda yang memiliki pembekalan riset yang kuat sebagai seorang peneliti. “Kerjasama ini sangat membahagiakan karena kami akan dibantu atau didampingi oleh MITI yang concern terhadap riset. Semoga kedepannya SIT Nurul Fikri melahirkan para peneliti yang bisa bicara banyak di ajang lomba-lomba ilmiah,” ujar Sukarya.

Ini Lho Manfaat Datang ke Pameran Pendidikan

By Berita Umum No Comments

JAKARTA – Saat ini banyak pameran pendidikan yang diselenggarakan oleh sejumlah pihak. Dengan adanya pameran pendidikan tersebut, sebenarnya mempermudah kita untuk bisa mendapatkan informasi seputar dunia pendidikan. Terutama bagi mereka yang sedang mencari sekolah maupun kampus.

Dinukil dari laman Top University, berikut ini keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menghadiri sebuah pameran pendidikan. Apa saja?

Bertemu Pihak Kampus
Jika kamu berencana untuk studi di luar negeri, menghadiri pameran pendidikan akan sangat membantu menentukan kampus mana yang akan menjadi pilihanmu. Dengan begitu, kamu bisa banyak berkonsultasi dengan pihak kampus.

Saran
Untuk mendaftar ke kampus, tentunya ada beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi. Nah, inilah kesempatanmu untuk bisa bertanya serta meminta saran secara langsung persiapan yang perlu kamu lakukan untuk mendaftar ke kampus tersebut.

Aplikasi
Setiap kampus memiliki kebijakan dan aturan masing-masing dalam melakukan proses aplikasi. Momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk kamu bisa menanyakan secara langsung proses aplikasi yang dibutuhkan. Sehingga kamu bisa segera mempersiapkan diri.

Persyaratan Kampus
Dengan datang langsung ke pameran pendidikan, kamu bisa menanyakan hal-hal paling detail sekalipun. Salah satunya persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar ke kampus tersebut.

Beasiswa
Tidak jarang lho, kampus-kampus memiliki program beasiswa tersendiri. Di sinilah momen dimana kamu bisa mendapatkan informasi secara detail tentang beaiswa tersebut.

Banyak Pilihan
Dengan datang ke pameran pendidikan, maka kamu akan memiliki banyak pilihan tentang kampus yang akan menjadi tujuan studimu. Karena itu, manfaatkanlah momen tersebut untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya.

Akses Beasiswa
Inilah manfaat selanjutnya yang bisa kamu dpatkan dari mendatangi pameran pendidikan. Kamu bisa mendapatkan informasi secara ekslusif mengenai akses beasiswa yang mungkin saja bisa kamu ikuti.

Sumber: https://news.okezone.com/read/2017/04/01/65/1656383/ini-lho-manfaat-datang-ke-pameran-pendidikan-1

Ini Data Sementara Hasil Pengumuman Siswa SMAIT Nurul Fikri Lulus ke PTN

By Berita Umum, Prestasi SMAIT No Comments

TUGU – Prestasi membanggakan ditorehkan siswa SMA Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri tiap tahunnya. Sekitar 85 persen lulusannya berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tahun ini berdasarkan data per tanggal 23 Juli 2018 dari total 140 siswa, tercatat 79 diantaranya mampu melewati SNMPTN, PPKB UI, PIN, Ketua OSIS, SBMPTN, SIMAK UI maupun jalur Ujian Mandiri dengan mulus.

Kampus UI, UNAIR, UNPAD, IPB, dan UNBRAW menjadi PTN yang paling banyak menerima siswa lulusan SMAIT Nurul Fikri. Sisanya PTN lain dan tak sedikit dari mereka yang melanjutkan ke luar negeri dengan jurusan favorit lainnya.

“Ada empat siswa yang diterima di PT Luar Negeri seperti M. Raihan Wiratama diterima di University of Aberdeen dengan jurusan Teknik Perminyakan, Rayhan Nurrahman masuk ke Universitas Okayama Univ,” tutur Euis Erinawati, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAIT Nurul Fikri.

Selain itu ada pula ada Nida Fathiyah keterima di Sakarya Univ jurusan Manajemen Bisnis, dan terakhir Akhmad Ikhlasul Azam di University Malaya jurusan Biokimia. Untuk jumlah siswa yang mendapatkan PTN masih akan terus bertambah sampai masuk tahun ajaran baru, data akan terus diperbaharui. Berikut nama-nama siswa yang diterima di PTN dan PT LN 2018 per tanggal 23 Juli 2018:
SNMPTN
1. Muhammad Yahya Ayyasy (Fakultas Seni Rupa Desain ITB)
2. Raden Muhammad Ciptaning Hanif (Ilmu Komunikasi Unpad)
3. M Thofl (Manajemen UI)
4. Adis Zakiyya (Hub. Internasional Unpad)
5. Haula Fadya Andini (Kedokteran Hewan IPB)
6. Teuku Akelfa (Administrasi Bisnis Unpad)
7. Alifa Azzahra (Gizi IPB)
8. Muhammad Fauzan Awwabin (Ekonomi Pembangunan Unpad)
9. Aisyah Dwivania (Ilmu Hukum)
10. Fawaz Fahmi Bahwal (Ekonomi Islam Unpad)
11. Marsha Tiara (SBM ITB)
12. Athira (Teknik Lingkungan UI)
13. Zahrah Salsabila (Psikologi UI)

PPKB UI
14. Fauzan Abi Rafdi (Administrasi Keuangan dan Perbankan D3)
15. Muhammad Alif Novanto (Administrasi Perpajakan D3)
16. Lazuardi Ardan (Geologi S1)
17. Farhan Syah Alam (Pariwisata D3)
18. Azkal Azkiya (Matematika S1)

PIN
19. M. Fatih Ramadhan (Ekonomi Syariah IPB)

Ketua OSIS
20. Muhammad Daffa Aditya (Ekonomi Pembangunan IPB)

SBMPTN
21. Isa Dzulqarnain W (Teknik Metalurgi UI)
22. Fakhri Hawari M (Teknik Mesin UI)
23. Alissa Namira (Kesos UI)
24. Avisenna D (Teknik Lingkungan UNBRAW)
25. Hilmy Fauzan Akbar (Teknik Industri UI)
26. Arifa Rahma Izzati (Kesehatan Lingkungan UI)
27. Tsania Mardhiyah (Ilmu Keperawatan UI)
28. Arini Zhafira (Gizi UI)
29. Raihani Siyadah K (Psikologi UI)
30. Haifa Kanza Fazastya (Teknik Sipil ITS)
31. Hanna Hanifah (Statistik UI)
32. Irfan Zidni (Sosiologi UNPAD)
33. Syafika Chairunnisa (Design Interior ISI Denpasar)
34. Fadiyah Nur K (Ilmu Administrasi Publik UNBRAW)
35. Amanda Lathifah (FMIPA ITB)
36. Hanifah Zahidah (Kesejahteraan Sosial UIN)
37. Haikal (FSRD ITB)
38. Fariz (Teknik Mesin UI)
39. Andhika Rafi (Ilmu Politik UI)
40. Yahya Ayyash (Pendidikan Dokter UI)
41. Syamil (Teknologi Industri Pertanian UNBRAW)
42. Zahrah Fakhirah (Ilmu Keperawatan UI)
43. Muhammad Abid al-fatih (Poltek Permesinan Kapal PPNS Surabaya)
44. Muhammad Harits (Niaga UI)
45. Thoriq Dianbarav P (Manajemen UNS)
46. Dendi (Seni Rupa UNS)
47. Muhammad Fatih Ramadhan (Teknologi Industri Pertanian IPB)

SIMAK UI
48. Imam Syafiq Maulana (Teknik Sipil/KKI)
49. M. Daffa Aditya (Manajemen KKI)
50. Hanif Luthfan Fadhil (Akuntansi Keuangan/Vokasi)
51. Al-Dhella Wuladarim (Hubungan Masyarakat/vokasi)
52. Faishal Suroagil (Ilmu Komputer)

UJIAN MANDIRI
53. Hafshah Adzkia Khairunnisa (ITS Statistik)
54. Nadia Nuha Fitrinisa (Teknologi Industri Pertanian UB)
55. Marsya Maghfirah (Hukum Unair)
56. Fadiyah Nur K (Adminstrasi Negara Unair)
57. Syarovina Aliyah (Sastra Inggris Unair)
58. Mohammad Akbar F (Administrasi Bisnis UB)
59. Yusuf I (Sosiologi UB – Ilmu sejarah Unair)
60. Panji Imanul Syahrul (Manajemen UNM)
61. AL faidz Husain Hilmi (Manajemen UNAIR & UNM)
62. Hilmi Akmalulhadi (Agronomi UGM)
63. Mochammad Azmi (Agroteknologi UB)
64. M.Fazlur Rahman V (Fisika UNAIR)
65. Faishal Suroagil (Ekonomi UNAIR)
66. Siti Rania Azzahra Putri (Ilmu Komunikasi UNSRI)
67. Alifian Firdaus (Teknik Konversi Energi PNJ)
68. Aisyah Widiandini Winarko (Administrasi Bisnis Terapan PNJ)
69. Nurul Azizah (Gizi UNSRI)
70. Harika (ilmu keluarga dan konsumen IPB)
71. Aldhela Wulandari Dhilaga (Humas UI/Vokasi)
72. Rayhan Nurrahman (Matematika / UNM)
73. Tsaqifa Nurul M. (Sejarah/UNDIP)
74. Zahra Millaty (Agro Eko Teknoligi-Undip)
75. Viona Alliza (Statistik Undip)

PTLN
76. M. Raihan Wiratama (University of Aberdeen/Teknik Perminyakan)
77. Rayhan Nurrahman (Okayama University/tahun I kursus bahasa)
78. Nida Fathiyah (Sakarya University/Manajemen Bisnis)
79. Akhmad Ikhlasul Azam (University Malaya/Biokimia)

Antaseno Kusuma Raih Perak di Kejurda Renang

By Berita Umum, Prestasi SMAIT No Comments

KONI Kota Depok – Satu medali perak dipersembahkan oleh Antaseno Kusuma atau yang akrab dipanggil Seno, atlet renang kota Depok pada ajang kejuaraan renang daerah (Kejurda) jawa barat, yang diselenggarakan pada tanggal 30 maret sampai dengan 1 April 2018 di Kolam Prestasi KONI Provinsi Bandung Jawa Barat.

Seno yang turun pada hari kedua di ajang kejurda ini mengikuti nomor lomba 800m gaya bebas putra, raihan posisi kedua dicetak dengan catatan waktu 10.35.83, yang disusul oleh Rifqi Rizqullah dari kota Tasikmalaya dengan catatan waktu 11.57.65, sedangkan juara pertama diraih oleh Reza Bayu Prasetyo dari Kabupaten Bekasi dengan catatan waktu yang diraih 09.16.38.

Pencapaian ini diapresiasi oleh Trio Sindya selaku pengurus PRSI Kota Depok yang mengantar para atlet di kejurda ini dan juga oleh Eva Munandar selaku orang tua dari Antaseno yang turut mendampingi kegiatan anaknya di kejurda renang jawa barat, dirinya amat senang atas prestasi anaknya kerena, disela kesibukan anaknya yang padat seno masih bisa memberikan prestasi terbaiknya untuk kota Depok.

Kejurda kali ini di ikuti 365 peserta dari seluruh kota dan kabupaten di jawa barat, dan ajang ini juga menjadi bagian ajang seleksi daerah yang digelar PRSI jabar untuk persiapan kejurnas yang akan dilaksanakan pada akhir april tahun 2018. Semoga dengan hasil ini ada salah satu atlet kota Depok yang terpilih untuk mengikuti ajang kejurnas yang akan digelar nantinya.

Sumber:

http://Antaseno Kusuma Raih Perak di Kejurda Renang

Tahajud Call, Pembekalan Stabilitas Diri Siswa SIT Nurul Fikri

By Berita Umum, Smart Program No Comments

TUGU – Masa remaja adalah masa yang penuh pergolakan. Untuk itu diperlukan stabilitas diri dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai pelajar. Agar stabilitas diri dan emosi dapat dikelola dengan kondisi jiwa yang baik bisa didapat dengan cara mendirikan salat malam atau tahajud. Oleh karena itu, SMAIT Nurul Fikri menjalankan program Islami yakni Tahajud Call.

“Program ini untuk melatih siswa-siswi SMAIT Nurul Fikri untuk dapat membekali dirinya dengan kekuatan jiwa,” terang penanggung jawab program Enny M Thamrin. Siswa dibangunkan untuk melakukan salat tahajud. Kegiatan ini dilakukan setiap Kamis dini hari. Sebelumnya, di Rabu malam para wali kelas (walas) mengingatkan para siswa dan orang tua di grup whatsapp (wa) masing-masing kelas.

“Setiap Kamis dini hari para walas membangunkan siswa-siswinya untuk salat tahajud dengan menelepon satu per satu,” tambah Enny. Dia pun menambahkan, persentase keterlaksanaan program ini rutin dilaporkan ke penanggung jawab walas pada saat rapat koordinasi kewali-kelasan dan juga di bagikan di grup wa tersebut.