SERPONG – Lembaga pendidikan adalah lembaga pencetak generasi yang dapat melahirkan para inovator untuk menjawab tantangan zaman. Nurul Fikri adalah lembaga yang memiliki visi salah satunya untuk membentuk generasi yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan masyarakat untuk menjawab tantangan global.

Untuk mencetak para pemuda yang inovator, Sekolah Menangah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri menerapkan pendidikan berbasis riset dengan program yang bernama Science Camp. Pelaksanaan Science Camp ini merupakan perwujudan dari sasaran mutu akademik Yayasan Pendidikan dan Pemberdayaan Umat (YPPU) Nurul Fikri untuk menjadi model Sekolah Islam Terpadu (SIT) Indonesia. “Menerapkan budaya riset sebagai salah satu bagian dari kegiatan pembelajaran di sekolah,” jelas Ketua Pelaksana Ugi Sugiarti, S.Si.

Siswa tambahnya, diajarkan untuk belajar mengamati dan meneliti setiap hal yang berada di sekitarnya, membiasakan diri tanggap terhadap permasalahan lingkungan sekitar. berpikir secara ilmiah dan sistematis. “Tujuannya untuk menumbuhkan budaya berpikir, mengamati, meneliti, dan memahami fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitarnya. melatih siswa untuk melakukan kegiatan ilmiah (mengolah, menalar, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan hasil kegiatan ilmiah),” lanjutnya.

Science Camp menjadi sarana pembelajaran siswa-siswi kelas X untuk menulis karya ilmiah sekaligus bekal pembuatan karya ilmiah di kelas XI. Mengusung tema Changing the World Through Research berupa workshop dan pelatihan selama tiga hari, 9-11 November 2016 di Puspitek Kemenristek, Serpong.

Paska Science Camp akan dilaksanakan pada Januari sampai Maret 2017. Jadi pelatihan dasar tersebut akan terus berlangsung sampai mereka lulus sekolah. Materi yang disajikan dalam workshop tersebut ialah motivasi untuk menumbuhkan jiwa meneliti oleh para peneliti muda atau penemu produk hasil penelitian. Lalu dilanjutkan dengan praktek, penelitian ke lapangan seperti mengambil data di camp masing-masing dan didampingi oleh mentori serta siswa melaporkan hasil penemuan atau penelitiannya tersebut ke hadapan para peserta dan pembimbing dengan slide presentasi.

Leave a Reply